Top Menu

MAKALAH DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF PERGAULAN REMAJA DIMASA SEKARANG


Nama:    IMING SETIANO:31010021552
                      SUHARDONO:31010021546





BAB I PENDAHULUAN


A.latar belakkang
Masa remaja merupakan masa perubahan atau peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, yang disertai dengan berbagai perubahan baik secara fisik, psikis, maupun secara sosial.
oleh karena itu pergaulan merupakan komponen penting dalam kehidupan karena dalam pergaulan remaja dapat menentukan jati dirinya.
B.Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas masalah pergaulan dapat di identipikasi sebagai berikut:
  1. Banyaknya remaja yang terbuai dengan kebebasan
  2. Banyaknya remaja menyalah artikan kebebasan
  3. Masa remaja merupakan masa yang labil sehingga masih mudah terhasut
C. Tujuan
1.      Agar remaja menyadari batasan untuk bergaul.
2.      Agar remaja dapat terbantu dalam menimbang pegaulan yang seperti apa yang baik bagi dirinya.
3.      Agar remaja lebih cerdas dalam memilih tema

BAB II TINJAUANPUSTAKA
A.Remaja
remaja adalah suatu periode transisi dari masa awal anak anak hingga masa awal dewasa, yang dimasuki pada usia kira kira 10 hingga 12 tahun dan berakhir pada usia 18 tahun hingga 22 tahun. Masa remaja bermula pada perubahan fisik yang cepat, pertambahan berat dan tinggi badan yang dramatis, perubahan bentuk tubuh, dan perkembangan karakteristik seksual seperti pembesaran buah dada, luas perkembangan pinggang dan kumis, dan dalamnya suara. Pada perkembangan ini, pencapaian kemandirian dan identitas sangat menonjol (pemikiran semakin logis, abstrak, dan idealistis) dan semakin banyak menghabiskan waktu di luar keluarga.
B. pergaulan remaja
bergaul berarti hidup berteman (bersahabat ). Dan merupakan cara kita menyesuaikan diri dengan orang lain dan belajar cara hidup serta berfikir di lingkungan mana saja kita berada dengan adanya aturan-aturan yang mengikat sehingga membentuk kepribadian seseorang.
C. paktor penyebab penyimpangan pergaulan
Bacaan Yang Merusak
Media cetak melahirkan banyak produk mulai dari majalah, komik, tabloid, surat kabar,  Beberapa diantaranya ada yang berisi ilmu pengetahuan, hiburan, berita, biografi, opini, dan masih banyak lainnya yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Namun di sisi lain, ada pihak yang menyalahgunakan keberadaan media cetak yang berkembang luas ini menjadi salah satu upaya dalam menjatuhkan moral masyarakat dengan menghadirkan bacaan-bacaan yang dapat merusak dan meracuni otak, bahkan ditambah dengan gambar-gambar yang tidak pantas di didalamnya. Apalagi peminat dalam membaca didominasi oleh golongan muda, dan hal inilah yang membahayakan bagi masa depan bangsa.


BAB III PEMBAHASAN
A. Dampak positif
       Dengan pergaulan remaja Lebih mengenal kepribadian masing-masing orang sekaligus menyadari bahwa manusia memiliki keunikan yang masing-masing perlu dihargai. Dan Pergaul remaja Mampu menyesuaikan diri dalam berinteraksi dengan banyak orang sehingga mampu meningkatka rasa percaya diri. Dengan pergaulan remaja Mampu membentuk kepribadian yang baik yang bisa diterima di berbagai lapisan masyarakat sehingga bisa tumbuh dan berkembang menjadi sosok individu yang pantas diteladan.

B. Dampak negative
       karena bergaul terlalu bebas dan melampaui batas orang-orang yang kurang mematuhi norma-norma dan adat atau yang menyimpang dari norma-norma dan adat istiadat. Bahkan para remaja sekarang bisa melakukan perbuatan kriminal apapun dan menjadi anak berandalan.
        Hilangnya semangat belajar dan cenderung malas dan menyukai hal-hal yang melanggar norma social karena remaja sering kali terbuai dengan kesenangan yang seringkali membuat remaja selalu ingin mencoba hingga terjebak dalam dunia yang semestinya tidak pantas mereka dekati seperti sex bebas, narkoba, minum miniman keras,discotik dan masih banyak lg.

C. Upaya untuk menanggulangi dampak negative
   Ada beberapa poin cara untuk menanggulangi dampak pergaulan bebas dikalangan remaja,yaitu:
·         Orang tua harus memberi perhatian yang lebih kepada anak untuk tidak bergaul dengan lingkungn yang dapat menjerumuskan.
·         Melakukan pengawasan sebagai control secara terus-menerus agar anak terhindar dari perilaku yang menyimpang.













BAB IV PENUTUP

A.Kesimpulan
   Berdasarkan uraian di atas kita dapat menyimpulkan bahwa, remaja masa kini selalu ingin mencoba sehingga seringkali melupakan norma – norma dan batasan yang berlaku.
remaja masa kini seringkali terbuai oleh kesenangan karena rasa ingin taunya dengan lingkungan luar.
B. saran
    Cobalah bersikap keritis dalam memilih teman bergaul agar kita tidak terjebak kedalam pergaulan bebas berteman dengan berandalan boleh saja justru dengan kita berteman dengan mereka kita dapat menimbang mana yang baik dan buruk dari mereka maka ambilah makna dari mereka karna belum tentu yang baik baik ada nya sebaliknya belum tentu yang buruk itu buruk adanya.


















Sekian dan terima kasih


Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates