Top Menu

Tips Membuat Slide Presentasi Yang Baik



Salam kenal untuk semua pembaca yang ada diblog ini.Kali ini kami dari kelompok 1 ingin berbagi artikel mengenai slide presentasi kepada semua pembaca yang ada diblog ini.Mudah-mudahan info yang kami sampaikan bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Powerpoint sampai saat ini masih menjadi salah satu aplikasi untuk membuat sebuah presentasi.Pembuatan presentasi Powerpoint yang asal-asalan akan membuat penilaian kurang baik oleh peserta dan tidak terlihat profesional.

Pada dasarnya, power point memiliki kesamaan dengan blog, karena semua orang bisa berkreatifitas didalamnya. Tetapi,  kreatifitas itu harus disesuikan dengan kondisi dimana formalitas dan profesionalitas  diperlukan, agar power point yang anda buat tidak membosankan.

Namun yang jadi pertanyaan sudahkah setiap kalian menggunakan slide presentasi yang baik ?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut silahkan kalian lihat pengalaman kalian saat menjadi audiens.Apakah kalian masih sering melihat slide yang penuh dengan tulisan, kontras warna yang tidak sesuai, gambar yang tidak sesuai.

Slide presentasi powerpoint bukanlah pengganti white board atau yang lain, tapi slide itu sendiri memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan white board.Dengan slide presentasi powerpoint yang baik audiens akan lebih tertarik dengan presentasi yang kalian sampaikan.

Langsung saja disini kami dari Kelompok 1 ingin memberikan sedikit tips bagaimana cara membuat slide presentasi deangan baik.

Yang pertama dari segi warna,masih banyak orang membuat desain slide yang susah di baca Itu karna warna antara tulisan dan background hampir mirip,kita lihat contoh berikut :



            Silde sebelah kiri kalian memiliki warna dan background yang sama,sedangkan sebelah kanan kalian memiliki warna dan backgroung berbeda.Slide sebelah kiri tersebut susah untuk dibaca dan slide sebelah slide kanan kita bisa membaca dengan jelas.Langsung saja dari kesimpulan tersebut warna adalah hal terpenting dalam kita membuat slide presentasi yang baik.Jangan meremehkan kekuatan warna,perhatikan makna dari warna itu sendiri dan gunakan warna tersebut dengan bijak.
           
         Yang kedua dari segi penulisan,terkadang power point yang isi slidenya hanya teks akan menjenuhkan. Aplagi kalau terlalu banyak. Maka dari itu, point-point penting sajalah yang dimasukan ke dalam slide.Contohnya kita lihat berikut ini :



       Kita lihat selide sebelah kiri kalian jika kalian menggunakan slide seperti ini maka audiens akan jenuh dan cenderung tidak memperhatikan,ingat kita tidak menyajikan document kita disini presentasi  kalau ingin menuangkan document lebih baik di print out saja.Sedangkan slide sebelah kanan kalian disini kita perlu sisipkan saja sebuah gambar dan satu kata saja,slide yang simple dan mudah akan  mendapat perhatian dari audiens.
         
         Yang ketiga atau terakhir dari segi Tampilan, Sebuah slide yang baik akan mampu menjelaskan ide dan gagasan yang ingin di sampaikan.Dengan demikian audiens pun akan terbantu dengan melihat slide yang ditampilkan.Sebagai perbandingan kita lihat contoh berikut :

      Slide kiri menggunakan bullet point, bentuk slide paling standar.Slide di kanan lebih kreatif dan mudah dicerna audiens. Slide ini hanya menggunakan gambar dan kata kunci saja.dari kedua slide tersebut slide sebelah kanan akan menarik audiens untuk membaca dan memperhatikan kita pada saat presentasi.
  
          Mungkin sampai disini dulu penjelasan dari kami mengenai tips membuat slide presentasi dengan baik,semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Dari Kelompok 1 : 1.Muhammad Zakaria ( 3101 1002 1535) Teknik Informatika
                              2.Rizki Hidayatullah     (3101 1002 1537)  Teknik Informatika

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates