Top Menu

WINDOWS 8




SAYYID TAUFIQ KAMAL
3101 1002 1391

WINDOWS 8
Windows 8adalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada computer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor  x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 didesain untuk perangkat tablet sentuh.
Berikut beberapa fitur terbaru yang terdapat pada Windows 8 :
1.      Metro User Interface
Windows 8 hadir dengan tema Metro Style, coba anda perhatikan tanda-tanda yang ada di Airport atau Stasiun kereta api, pasti mirip dengan icon-icon yang ada di Windows 8 gayanya. Tampilan Metro ini identik dengan warna yang kontras antara ikon dengan latar belakangnya, bentuknya simpel,  dan tidak terlalu banyak warna-warna eyecandy.
Tombol Start secara default telah hilang dari windows 8 dan di ganti dengan Metro User Interface . Microsoft telah mengungkapkan bahwa windows 8 akan memiliki interface untuk kembali ke tradisonal desktop, tapi secara default akan di atur dengan user interface terbaru.  Sebuah interface yang hebat  untuk menggunakan windows 8 di PC, netbook maupun Tablet.



2.      Fitur Charms
Windows 8 memiliki fitur Charms yang belum dipasang di Windows 7. Dengan fitur ini, Anda bisa mengakses menu Search, Share, Device, serta Settingshanya dengan mengarahkan mouse ke arah sebelah kanan layar.



3.      Ribbon Windows Explorer
Sejak zaman Windows 95 sampai Windows XP, windows explorer tidak terlalu banyak perubahan. Saat di Windows 7 ada perubahan tapi Windows 8, Windows Explorer kini hadir dengan tampilan yang lebih fresh dan ribbon Style. Sebuah interface yang bagus dan terbaru tentunya.



4.      Refresh dan Reset

Dua fitur yang menarik di windows 8 adalah  REFRESH dan RESET.  Apabila PC sudah mulai terasa lebih lambat jalannya atau sering ngadat, biasanya solusi terakhir adalah install ulang Windows, solusi yang sama juga terjadi apabila PC menjadi sarang virus dan malware, tidak ada jalan lain selain Install ulang Windows. Tampaknya hal itu juga yang mendasari hadirnya fitur ini. Fitur Refresh dan Reset PC ini baru ada di Windows 8.


Fitur ini sebenarnya berbahaya kalau user makainya sembarangan.
Fitur Reset Your PC akan menghapus semua data aplikasi, setting dan personal data kemudian menginstall ulang Windows secara otomatis, pokoknya Windows akan dikembalikan ke kondisi pertama saat diinstall. Sedangkan fitur Refresh your PC tidak akan menghapus data personal, aplikasi atau setting-nya, tetapi akan menginstall ulang Windows.

Kelebihan Windows 8 :
Berikut ada beberapa Kelebihan / Keunggulan Windows 8 dibanding Windows 7 :

1.      Simple Task Manager
Tab Task Manager adalah kumpulan beberpa prosses untuk melihatnya. namun di windows 8 tampilan untuk mengakhiri prosses yang sedang berjalan terpisah dari pada dari versi windows sebelumnya.  sehingga dengan mudah untuk sekali klik untuk end task.  dan dalam prosses lainnya kita dapat mengklik More detail untuk mendapatkan prosses lannya.. seperti Prosses, Performance,  Startup. dll.


Merupakan perubahan yang signifikan , dan rinci serta tidak terlalu rumit. sehingga memudahkan untuk siapa saja yang menjalankan.

2.      Lebih Ringan
Spesifikasi hardware yang rendah (bahkan bisa untuk tablet). Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan memperluas jangkauan Windows 8 di arena tablet, mengingat kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM. Semua software yang berjalan di Windows 7 akan juga bisa dipakai pada Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.
3.      Startup cepat


Start Up memang yang selalu menjadi masalah dengan versi windows sebelumnya..  dan dengan itu juga microsoft berusaha merubahnya dengan penanyangan Start Up lebih cepat. Pada windows 8 starup dengan mode cepat ini merupakan kombinasi dari boot " Cold" untuk sleep.

Kekurangan Windows 8 :
Sejak windows 8 hadir, Microsoft menginginkan agar semua aplikasi (kecuali game) dapat mengadopsi tampilan Windows 8-style UI. Beberapa pengembang aplikasi sebenarnya kurang nyaman dengan peraturan ini. Semua aplikasi akan terlihat sama, dengan desain kotak-kotak. Dalam pelatihan membuat aplikasi Windows 8, pertanyaan semacam ini sering dilontarkan para developer.
1.      Tidak tombol start dan Close X
Sayangnya, tidak ada tombol start dan Close X di tampilan muka Windows 8. Hal ini membuat pengguna bingung dan sulit untuk memulai pekerjaan, menutup pekerjaan atau mengakses program. Meski adanya sistem pencarian data, tapi keberadaan tombol Start dinilai sangat penting untuk kemudahan pengguna.
Untuk mengakhiri tugas di Windows 8, Anda mesti mengarahkan panah mouse Anda ke atas aplikasi. Setelah muncul tombol tangan, Anda harus men-drag-nya, dan barulah program tersebut tertutup.
2.      Banyak File Atau Aplikasi Tersembunyi
Ini yang mungkin paling membingungkan bagi pengguna Windows 8. Sebab, saat beroperasi, hanya tersedia dua data atau aplikasi yang bisa terbuka secara bersamaan, sementara data lainnya tersembunyi. Anda mesti menggunakan fitur pencarian universal untuk membuka data yang lain.

Sekadar informasi, Windows 8 akan dipasarkan dengan kisaran harga 69,99 dolar Amerika Serikat. Sampai dengan akhir Januari 2013, konsumen yang saat ini menjalankan PC dengan Windows XP, Windows Vista atau Windows 7, berhak untuk mengunduh (download) Windows 8 Pro dengan estimasi harga eceran 39,99 dolar AS.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates