Top Menu

Guitar and Tricks



Pada kali ini saya dari kelompok 13 akan memposting sebuah topik yang berhubungan dengan musik, yaitu “guitar & tricks”. Tentu saja sebelum kita masuk ke topik utama ada baiknya kita mengenal dulu apa itu guitar.. ?

Pengenalan Guitar :

Guitar adalah salah satu jenis alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik dan juga bisa dibilang alat musik yang paling populer dan paling umum didunia. Hal ini karena bisa dibilang sebagain besar orang didunia paling banyak bisa memainkan alat musik ini jika dibandingkan dengan alat musik lainnya. Selain dari pada itu guitar juga memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan alat musik lainnya dan diantaranya adalah paling fleksibel untuk memainkan chord maupun melodi, mampu menghasilkan suara yang indah, harganya yang cukup terjangkau, mudah dibawa kemana saja dan masih banyak lagi.
Guitar terbagi menjadi 2 jenis, yaitu guitar accuostic dan guitar electric :


Guitar Electric

Guitar Accoustic



Guitar memiliki 6 senar yang terdiri dari E-A-D-G-B-E :



Tips Sebelum Bermain Guitar :

1. Lakukan Pemanasan / Senam Jari :
Dalam setiap melakukan kegiatan yang menggunakan jari, hendaknya kita harus melakukan peregangan dan pemanasan, dengan maksud mencegah hal-hal yang idak diinginkan seperti kejang otot dan kram.

Begitupun dalam bermain gitar, kita harus melakukan pemanasan agar lancar dalam memainkannya. Banyak pemain guitar meluangkan waktu minimal 1 jam dalam 1 hari untuk melakukan senam jari, dan bentuk dari senam jari itupun banyak sekali.

Ketika jari kita sudah melakukan pemanasan, maka akan mempermudah kita untuk memainkan gitar, baik teknik maupun skill yang lain. Dan salah satu keuntungan lain dari senam jari adalah kita tidak mudah lelah dalam memainkan gitar. Pastinya, para gitaris band entertaint selalu melakukan senam jari karena memang kerjanya sekitar 4 jam menghibur para clubber atau penikmat hiburan malam.

Latihan senam jari juga harus dilakukan secara rutin dan disiplin untuk menghasilkan efek yang signifikan dan permanen pada permainan gitar kita. Untuk itu kita harus selalu meluangkan waktu minimal 1 jam untuk latihan gitar tiap hari. 


2. Menghafal cord :

Sebelum bermain gitar, sebaiknya kalian menghafalkan dulu chord atau kunci gitar karena ini merupakan elemen penting sebelum bermain gitar, dan seperti kunci A sampai G serta variasi nya.

Jika sudah OK, maka selanjutnya anda tinggal mencoba gonjreng pada kunci standar sampai jari anda anda terbiasa dengan posisi masing-masing kunci. Kemudian coba buka buku lagu-lagu yang ada kunci gitarnya, lalu coba ikuti perubahan dari kunci ke kunci dengan tempo yang sesuai dengan aslinya sebisa mungkin berdasarkan filing anda.



Trick Scale Pentatonic :

Pentatonik berasal dari kata penta (5) dan tonic (nada).
pentatonic merupakan skala yang paling populer. skala ini sering digunakan terutama pada musik blues dan rock. menurut teorinnya, pentatonic adalah skala diatonic yang terdiri dari 5 not dengan mengurangi nada-semi /semi tunenya.


Scale Pentatonic

Pertama-tama tentu saja menghapal setiap posisi tangga nada pentatonik pada gitar. (ngomong-ngomong dengan menguasai dua posisi saja yaitu Pattern 3 dan Pattern 4 anda bisa membuat solo dan lick yang meliuk-liuk dan keren :D serius loh). Tapi tentu saja menghapal semua posisi pada gitar jauh lebih baik.

SELAMAT MENCOBA \(★´−`)人(´▽`★)/By. Kelompok 13, Fahrianor (310110021518) & Wendy.R (310110021554)



Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates