Top Menu

MOTIVASI HIDUP



Pengertian Motivasi


Motivasi yaitu suatu keinginan atau dorongan dalam diri untuk mencapai suatu tujuan. Dalam pengertian lain, Motivasi adalah energi aktif yang menyebabkan terjadinya suatu perubahan pada diri sesorang yang nampak pada gejala kejiwaan, perasaan, dan juga emosi, sehingga mendorong individu untuk bertindak atau melakukan sesuatu dikarenakan adanya tujuan, kebutuhan, atau keinginan yang harus terpuaskan.

Motivasi terbagi menjadi 2 kategori umum, yaitu :

-Motivasi ke arah positif

Proses untuk mencoba mempengaruhi orang lain agar menjalankan sessuatu inginkan dengan cara memberikan kemungkinana untuk mendapatkan hadiah atau imbalan.

-Motivasi ke arah negatif

Proses untuk mencoba mempengaruhi orang lain agar menjalankan sessuatu inginkan tetapi teknik yang digunakan adalah lewat kekuasaan yang membuat ketakutan.

Cara Memotivasi Diri

-Fokus pada tujuan
Pertama-tama kita harus menetapkan atau memikirkan secara matang tujuan yang dicapai. Fokuskan hanya pada satu tujuan. Ini dapat mempermudah kita untuk mencapai tujuan tersebut.

-Memahami proses

Setelah menentukan tujuan, langkah berikutnya adalah memahami proses-proses  yang dilalui untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini membutuhkan waktu bagi seseorang untuk mengembangkan kebiasaan baru dan menjadikannya bagian dari rutinitas mereka. Beri waktu pada diri kita untuk menyesuaikan diri terhadap kondisi tersebut.

-Tetap berusaha
Setelah menetapkan tujuan dan memahami proses-proses dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan, bekerjalah dan mencoba berusaha untuk lebih dekat ketujuan. Kadang usaha yang kita lakukan hasilnya tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Oleh sebab itu jangan pernah putus asa untuk mencapai tujuan. Harus berusah terus bila ingin mendapatkan hasil terbaik. Pada dasarnya tidak ada yang tidak dapat di raih jika terus berusaha keras. Semakin giat berlatih semakin mudah pula mengatasi setiap kesulitan. jangan mengharapkan keajaiban dalam hitungan detik.

-Mengubah pola pikir

Mengubah pola pikir dan melihat kemungkinan hambatan yang akan dihadapi untuk mencapai tujuan. Jangan biarkan hambatan tersebut menjadi akhir dari segalanya dan menghentikan Anda untuk bergerak maju. Jangan berkecil hati jika menghadapi kesulitan.  Jadi kan hambatan dan kegagalan sebagai pelajaran agar tidak terjatuh kelubang yang sama.

-Selalu berpikir positif

Tetaplah berpikir positif dan jangan biarkan pikiran negatif menguasai sehingga menghalangi langkah untuk mencapai kesuksesan. Bila kita tetap semangat menghadapi cobaan dalam hidup pasti suatu saat akan mendapatkan hasil atas kerja keras kita selama ini. Jangan takut gagal, karena dengan kegagalan kita bisa mengerti kenapa kita gagal dan kita tidak boleh masuk ke lubang yang sama. Semua berawal dari kita sendiri untuk maju. Orang lain adalah faktor kedua.  Bila niat, semangat, bekerja keras, berdo’a  dilakukan, yakin lah semua akan tercapai.

Cerita motivasi

Ada seseorang yang sangat menikmati kebahagiaan & ketenangan di dalam hidupnya. Orang tersebut mempunyai dua kantong. Pada kantong yang satu terdapat lubang di bawahnya, tapi pada kantong yang lainnya tidak terdapat lubang.
Segala sesuatu yang menyakitkan yang pernah didengarnya seperti makian & sindiran, ditulisnya di sebuah kertas, digulung kecil, kemudian dimasukkannya ke dalam kantong yang berlubang. Tetapi semua yang indah, benar, dan bermanfaat, ditulisnya di sebuah kertas kemudian dimasukkannya ke dalam kantong yang tidak ada lubangnya.

Pada malam hari, ia mengeluarkan semua yang ada di dalam saku yang tidak berlubang, membacanya, dan menikmati hal-hal indah yang sudah diperolehnya sepanjang hari itu. Kemudian ia merogoh kantong yang ada lubangnya, tetapi ia tidak menemukan apa pun. Maka ia pun tertawa dan tetap bersukacita karena tidak ada sesuatu yang dapat merusak hati dan jiwanya.

Itulah yang seharusnya kita lakukan. Menyimpan semua yang baik di “kantong yang tidak berlubang”, sehingga tidak satupun yang baik yang hilang dari hidup kita. Sebaliknya, simpanlah semua yang buruk di “kantong yang berlubang”. Maka yang buruk itu akan jatuh dan tidak perlu kita ingat lagi.

Oleh karena itu, agar bisa menikmati kehidupan yang bahagia dan tenang: jangan menyimpan apa yang tidak baik di dalam hidup kita (tahukah Anda: sakit hati, iri hati, dendam, dan kemarahan juga bisa menyebabkan penyakit serius bahkan kematian). Mari mencoba, menyimpan hanya yang baik dan bermanfaat.

Kata-kata Motivasi

Bila anda berpikir anda bisa,maka anda benar... Bila anda berpikir anda tidak bisa, anda pun benar… karena itu ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa...  (Henry Ford)

Nama               : Sari Rahayu (310110011681)

: Syahridhah (310110011694)

Jurusan            : Sistem Informasi


KELOMPOK 04


Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates