Top Menu

Pentingnya Sarapan Pagi

Sarapan pagi. Hal ini mungkin terdengar sepele bagi sebagian orang. Namun ada juga yang beranggapan kalau sarapan pagi itu adalah hal yang penting untuk dilakukan dan tidak boleh untuk dilewatkan. Nah, sebenarnya seberapa penting kah sarapan pagi itu bagi tubuh kita? 



Manfaat Sarapan 

Sarapan pagi merupakan makanan yang dimakan ketika pagi hari sebelum kita beraktifitas. Sarapan adalah hal yang penting untuk dilakukan secara rutin. Mengapa begitu?? Alasannya, pada saat kita tidur kurang lebih selama 8 jam tidak ada makanan yang masuk kedalam tubuh kita. 

Akibatnya saat kita bangun pagi, kadar gula dalam tubuh kita pun menjadi rendah. Padahal, saat kita bangun pagi aktivitas fisik sudah mulai berjalan. Misalnya seperti mandi, melakukan perjalanan menuju kampus ataupun kantor, berpikir dan perlunya konsentrasi untuk melakukan suatu kegiatan dengan baik. Semua hal tersebut memerlukan energi, dan energi tersebut berasal dari makanan yang kita santap. 

Dengan menyantap sarapan pagi yang baik, sehat dan bergizi secara rutin akan membuat tubuh kita menjadi sehat dan membuat kita lebih bertenaga sekaligus membangkitkan semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Apabila kita sudah sarapan pagi, kita tidak akan merasa lemah, lesu dan tidak bertenaga ataupun disibukkan dengan perut yang lapar.


Sarapan pagi itu sendiri identik dengan gaya hidup sehat. Mengapa begitu? Alasannya karena sarapan itu dilakukan pada pagi hari, dan itu mengharuskan kita untuk bangun lebih awal. Dengan bangun pagi akan membuat tubuh kita merasa nyaman dan dapat membuat kita menghirup udara pagi yang segar dan sejuk. 

Sarapan yang sehat dapat membantu untuk menurunkan kadar kolestrol, meningkatkan daya tahan tubuh, dan dapat membuat kinerja otak menjadi lebih baik. Secara emosi, sarapan dapat menjadi tempat berkumpulnya semua anggota keluarga. Momen ini menjadi waktu yang pas untuk saling berkomunikasi, bercerita dan mendekatkan diri secara emosi. Ini merupakan hal yang baik untuk menciptakan keluarga yang baik dan harmonis. 



Mengapa Tidak Sarapan?? 


Walaupun sudah menyadari betapa pentingnya sarapan, masih saja diantara kita merasa enggan untuk melakukannya karena beberapa alasan, yaitu : 

 1. Diburu Waktu. 

Agar tidak terlambat sampai dikampus atau pun kantor, terkadang seeorang akan melewatkan sarapan. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya bila kita tidur lebih awal dan bangun lebih pagi agar bisa melakukan sarapan pagi. 

 2. Takut Gemuk. 

Mengurangi jatah masuknya makanan dipagi hari dapat membuat kita terlihat lebih langsing. Pendapat ini salah besar, justru tanpa sarapan akan membuat metabolisme dan pembakaran lemak dalam tubuh menurun. Hal ini akan menyebabkan nafsu makan siang meningkat. Tubuh yang merasa lapar juga dapat membuat kita mencari cemilan sehingga akan membuat kalori yang masuk kedalam tubuh meningkat. 

3. Tidak terbiasa, merasa mual ataupun sakit perut bila sarapan di pagi hari. Bila mengalami hal ini, maka kita harus menanamkan pikiran positif dalam diri kita dan berusaha untuk bersungguh sungguh membiasakan diri melakukan sarapan pagi agar tetap sehat. Cobalah untuk tidak langsung makan, tapi berikan jeda 1-2 jam setelah bangun tidur dan baru lah menyantap sarapan pagi. 



Menu Sarapan Yang Baik 



Makanan yang dianjurkan untuk sarapan pagi adalah menu yang cukup gizinya dan tidak berlebihan. Contoh makanan yang baik untuk disantap dipagi hari diantaranya adalah : 

1. Dua butir telur rebus 
Telur adalah bahan makanan yang relatif praktis dan mudah disajikan. Kandungan nutrisi dalam telur yakni vitamin A, B2, B6, B12, zat besi, kalium, kalsium, protein dan zat lain, sangat diperlukan tubuh kita. 

 2. Susu, roti dan sereal 
Tidak diragukan lagi bila kandungan gizi yang ada dalam susu baik untuk tubuh kita. Segelas susu dapat kita nikmati dengan beberapa potong roti ataupun sereal. Susu mengandung kalsium dan vitamin D, Roti mengandung karbohidrat dan sereal mengandung serat protein yang baik untuk tubuh. 

 3. Bubur 
Bubur juga baik bila dikonsumsi dipagi hari. Bubur mudah dicerna, mengenyangkan dan mengandung gizi yang baik untuk tubuh. 

 4. Beras Merah 
Bila ingin menyantap nasi, Kita bisa menggantikan beras putih dengan beras merah. Kadar serat beras merah akan membuat perut kenyang dalam waktu lebih lama.



Akibat Tidak Sarapan



Berikut ini adalah hal yang bisa terjadi bila kita sering meninggalkan sarapan pagi, diantaranya adalah :

1. Membuat tubuh cepat lelah dan tidak bertenaga.
2. Mengurangi konsentrasi saat beraktivitas. 
3. Bisa memicu obsetitas.
4. Bisa memicu munculnya berbagai macam penyakit dimasa depan



Dibuat oleh Kelompok 15

Indra Noor Rahman (3101.1001.1699)
Saidul Mustaqim (3101.1001.1691)

Jurusan Sistem Informasi




Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates