Top Menu

Tips Jaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Memasuki musim pancaroba, cuaca berubah tidak menentu. Ditambah intensitas angin yang cenderung lebih besar dari biasanya membuat seseorang rentan terkena penyakit. 

dr Kevin William Hutomo, dokter umum dari RS Permata Depok, mengatakan bahwa untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit dan terhindar penyakit di musim pancaroba, sebaiknya makan teratur setiap hari. Sebab, sistem imun atau daya tahan tubuh berasal dari pola makan. Ketika makan tidak teratur, maka daya tahan tubuh mengalami penurunan.

"Makan teratur, makan makanan yang sehat dan bergizi, dan tentunya jangan lupa minum vitamin. Itu penting banget," kata dr Kevin. 

"Misal buahnya kurang terus sayurannya kurang. Nah pada saat kita minum vitamin itu kebutuhan vitamin dari tubuh di back up sama vitamin yang diminum itu. Boleh juga minum obat-obatan imunostimulan atau perangsang sistem imun juga boleh," sambung dr Kevin.

Selain memperhatikan asupan, dr Kevin juga menyarankan untuk melalukan olahraga. Namun, apabila tidak punya waktu banyak lantaran sibuk bekerja, bisa menggunakan tangga saat naik turun lantai. Hal tersebut bisa menstimulasi detak jantung lebih kencang, supaya hasilnya sama seperti berolahraga. Di samping itu, bisa juga melakukan peregangan-peregangan kecil di meja kerja.

"Kemudian seringlah melakukan aktivitas berjalan biar makanan yang dimakan itu dilepas menjadi energi. Jadi nggak numpuk, jadi nggak bikin lemak yang dimakan numpuk jadi lemak tubuh, gula yang dimakan nggak numpuk banget gula yang tinggi dalam darah. Jadi dikeluarkan sebagai energi," pesan dr Kevin.

Posting Komentar

Designed by OddThemes | Distributed by Gooyaabi Templates